Friday, March 20, 2009


Nan saliliek gunuang Merapi, nan saedaran gunuang Pasaman. Dari sirangkak ka badangkang, sinan buayo putieh daguak, sampai ka pintu rajo hilieh, durian di takuak rajo, sipisau-pisau hanyuik sialang balantak basi, dakek aie babaliek mudiak. Sailiran batang bangkaweh, sampai ka ombak nan badabuah, hinggo lawiek nan sadidieh, sahinggo Sikilang Aie Bangieh. Pasisieh Banda Sapuluah, hinggo taratak aie hitam, sampai ka Tanjuang Samalidu.

Alam Minangkabau adalah suatu daerah di tengah pulau Perca, yang meliputi keresidenan Sumatera Barat, Kuantan dan Kampar Kiri. Ke Utara sampai ke Sikilang Air Bangieh (berbatas dengan keresidenan Tapanuli), ke Timur sampai ke Taratak Air Hitam, berbatas dengan Indragiri sampai ke Sipisak Pisau hanyut, Durian di Takuk Raja, Tanjung Simalidu yaitu berbatas dengan Jambi dan ke Barat sampai ke Laut Nan Sadidih (Samudera Hindia).

Menurut Tambo, batas-batas daerah asli Minangkabau adalah sebelah selatan sampai ke Riak nan berdebur (Negeri Bandar Sepuluh, sekarang Kabupaten Pesisir Selatan dan Kerinci). Sebelah timur sampai ke Durian di Takuk Raja (sekarang batas Sumatera Barat dengan Indragiri) sampai ke Muara Takung Mudik (sekarang Alahan Panjang), sekeliling gunung Merapi, selingkung gunung Singgalang, sederetan gunung Pasaman sampai ke Sikilang Aie Bangieh (sebelah barat) dan sampai ke Taratak Air Hitam.

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda